UPKK UIN Antasari

UPT. Pengembangan Kewirausahaan dan Karier
Thursday, 28 Mar 2024

6 Langkah Cara Melamar Kerja Secara Online

Berita Umum | 27 Agustus 2019 00:00 wib Mendapat pekerjaan bukan perkara gampang, apalagi semakin berkembangnya ilmu teknologi. Salah satunya semakin banyak lowongan pekerjaan secara online. Agar anda bisa melamar kerja secara online dan mengisi aplikasi lowongan kerja, hal pertama yang kamu butuhkan adalah akun email, akses internet, CV terbaru, cover letter (jika diminta), daftar riwayat hidup. Etss bagi kalian yang tidak lihai dalam penggunaan media online disini kami akan berikan tips and trik mendaftar kerja online yang perlu Anda ketahui.


1.     

        Siapkan CV Anda

Sebelum Anda mulai mencari pekerjaan dan mengisi lowongan kerja secara online, Anda harus menyiapkan CV terbaru Anda. Pastikan CV Anda mengandung data diri beserta nomor yang bisa dihubungi, dan juga pengalaman bekerja Anda. Anda bisa menggunakan contoh format CV yang ada di Job-like sebagai acuan. Gunakan contoh-contoh CV yang baik dan benar sebagai panduan saat Anda hendak mengisi formulir lowongan kerja secara online.

 

2.      Siapkan Data Pengalaman Kerja Anda

Jangan lupa untuk menyiapkan data mengenai pengalaman kerja anda karena akan menjadi bahan perhitungan bagi perusahaan untuk menerima anda, Di dalam pengalaman kerja ini, biasanya Anda juga harus menyertakan posisi jabatan, periode (awal mulai hingga akhirnya berhenti kerja), juga gaji setiap posisi (jika diperlukan).

 

3.      Carilah Lowongan Kerja Secara Online dan Daftar Pekerjaan Secara Langsung di Situs Resminya

Kunjungi laman situs Job-like atau situs-situs lain seperti UPKK UIN Antasari Banjarmasin yang memberikan sumber informasi lowongan kerja. Usahakan mengirimkan email dan data diri anda kepada situs resmi perusahaan yang mencari lowongan kerja. Perusahaan-perusahaan besar pada umumnya memiliki halaman aplikasi kerja online pada situs resmi mereka. Jika memungkinkan, lamar pekerjaan secara online langsung di situs resmi perusahaan.

 

4.      Kata Kunci Saat Mencari Kerja

Saat mencari lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi Memasukkan kata kunci bisa lebih efektif dibandingkan menggunakan pilihan rekomendasi pekerjaan yang telah disediakan di website portal kerja. Buatlah daftar kata kunci pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda, lokasi kerja yang Anda inginkan, posisi pekerjaan, industri, dan sebagainya.

 

5.      Ikuti Instruksi Lowongan Kerja

Penting bagi Anda untuk mengikuti instruksi yang terdapat di dalam informasi lowongan kerja online. Ikuti tahap pertahap sesuai arahan yang tertera dilowongan kerja. Pastikan Anda telah menyiapkan segala persyaratan yang diminta dan baca kembali CV Anda sebelum Anda kirimkan.

 

6.      Follow-Up Perkembangan Lamaran Kerja Anda

Setelah anda mengirimkan lamaran kerjaanda bisa mencek perkembangan lamaran kerja secara online. Anda bisa mulai memeriksa email anda apakah ada pemanggilan interview, atau tes online.

 

Itulah 6 langkah-langkah cara melamar kerja secara online. Pastikan Anda telah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Semoga bermanfaat.

 

Dilihat 765 kali
Link