UPKK UIN Antasari

UPT. Pengembangan Kewirausahaan dan Karier
Friday, 19 Apr 2024

Menulis ??? ... Siapa Takut .....

Berita Umum | 02 Nopember 2021 16:00 wib KEMBANGKAN POTENSI DAN KRETIVITAS MAHASISWA, UPPK ADAKAN PELATIHAN MENULIS KREATIF

Keterampilan menulis sangat dibutuhkan apalagi oleh mahasiswa. Pada dasarnya, keterampilan menulis bukanlah keterampilan yang diwariskan secara turun temurun. Keterampilan menulis hanya dapat diperoleh dan dikuasai dengan praktik dan latihan.

Dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis khususnya menulis kreatif, UPT. Pengembangan Kewirausahaan dan Karier (UPKK), di bawah naungan Kios Bakat Minat Mahasiswa (KBMM) menyelenggarakan pelatihan menulis kreatif bagi mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin. Pelatihan ini diselenggarakan selama bulan Oktober 2021. Materi yang diberikan pada pelatihan ini yaitu pelatihan menulis puisi, cerita fiksi, cerita non fiksi, serta pelatihan menulis esai dan opini.

Sebanyak kurang lebih 30 mahasiswa dari berbagai program studi di lingkungan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin mengikuti pelatihan. Melalui pelatihan ini, mahasiswa dituntut untuk mampu mengolah kretivitasnya melalui menulis puisi dengan tema “aku dan senja”, “harapan”, “penyesalan”, atau “self love”. Mahasiswa juga dituntut untuk mampu menulis cerita non fiksi dengan tema “membangun negeri dengan caraku”, menulis cerita fiksi serta menulis esai atau opini serta dengan tema bebas.

Meskipun pelatihan diadakan secara daring, tetapi mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti setiap rangkaian acara.

“Alhamdulillah selama mengikuti kios menulis kreatif banyak pengalaman yang saya dapatkan, terlebih lagi minat menulis saya lebih terasah dikios ini”, Assyaidatul Khaira Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam.

Titin Sutrianti dari Program Studi Perbankan Syariah, “Alhamdulillah, 4 kali pertemuan dalam waktu 1 bulan sudah sangat banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan. Tentunya pengalaman dari orang-orang hebat nan luar biasa. Jujur, awalnya saya sama sekali tidak menyukai menulis. Bahkan tidak terpikir untuk menjadi seorang penulis. Tetapi melalui kegiatan ini, Allah seolah membukakan saya jalan untuk harus menyukai menulis. Terima kasih banyak untuk semua pemateri, dan tentunya terima kasih juga kepada ibu Febri dan rekan-rekan UPKK yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga ini bukan akhir dari saya tapi awal untuk saya berproses dan berkomitmen untuk menyukai menulis.”

“Selama saya mengikuti kegiatan ini saya merasa senang karena dapat belajar dengan ahlinya langsung dan menurut saya itu sangat efektif untuk saya”, terang Ratna dari Program Studi Tadris Biologi.

 

 

Informasi

Website: https://upkk.uin-antasari.ac.id

Emai: [email protected]           

Dilihat 566 kali
Link