UPKK UIN Antasari

UPT. Pengembangan Kewirausahaan dan Karier
Friday, 26 Apr 2024

8 Cara Agar Kamu Bisa Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Berita Umum | 26 Agustus 2019 00:00 wib Ini nih tips yang akan membantu anda mendapatkan pekerjaan sebelum lulus kuliah



Manfaatkan Career Development Center (CDC)/ Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Karir (UPKK) di Universitasmu.

Manfaatkan pusat pengembangan karir universita. Gunakan fungsi career development center yang dimiliki masing-masing universitas. biasanya mereka punya banyak lowongan.


Temukan Passion Kamu Sejak Awal

Pastikan kamu menemukan passion sejak awal. Sehingga, kamu lebih mudah mengarahkan minat dan juga kemampuan yang kamu miliki ke arah tersebut. Hal ini akan membuatmu lebih mudah untuk memotivasi diri serta merencanakan masa depanmu dengan lebih jelas.

 

Maksimalkan Aktivitas yang Berhubungan dengan Passion

Tentu jangan hanya ditemukan saja. Passion kamu juga perlu digali dan dikembangkan secara maksimal. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencari berbagai aktivitas yang berkaitan dengan passion tersebut, terutama yang bisa mendukung perkembangan kariermu di masa yang akan datang.

 

Rencanakan Kariermu Sejak Awal

Susun juga rencana yang tepat untuk kariermu. Sehingga kamu bisa mengarahkan aktivitas apa saja yang perlu dilakukan guna meraihnya. Buatlah rencana yang matang terkait dengan kariermu di masa yang akan datang, termasuk berbagai upaya yang perlu kamu lakukan untuk menuju kesuksesan. Jika perlu, tidak ada salahnya untuk melibatkan orang lain dan berkonsultasi dengan mereka yang sudah berpengalaman.

 

Jalin relasi sebanyak-banyaknya

Relasi atau network juga berperan besar dalam mempercepat mendapatkan pekerjaan.  Jalin koneksi sebanyak-banyaknya. Hal ini bisa diistilahkan dengan menebar jala. Yang dapat diartikan sebagai usaha untuk membangun jaringan seluas – luasnya.

 

Mulai Mencoba melamar pekerjaan part-time sesuai dengan passionmu saat masih kuliah

Kamu dapat menggunakan waktu libur kuliah untuk mengambil kerja part time atau magang freelance. Sehingga pengalaman kerja untuk dijelaskan dalam resume (CV) semakin bertambah. Meskipun pengalaman kerja tersebut tidak sesuai jurusan, alangkah baiknya jika tetap dicoba untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki banyak kemampuan disamping pengetahuan yang linier dengan jurusan kuliah.

 

Rajin ikut job fair dan sebarkan sebanyak mungkin lamaran kerjamu

Kamu akan sulit mendapat pekerjaan kalau hanya duduk di rumah saja. Karenanya cobalah lebih aktif mencari peluang, misalnya dengan datang ke job fair. Sekarang ini di berbagai kota bahkan kampus, event job fair sering kali diadakan.

 

Jangan terlalu pemilih, coba semua peluang yang ada

Jangan terlalu pilih-pilih perusahaan atau bersikukuh ingin gaji tinggi atau linier dengan ijazahmu. Coba semua peluang yang ada karena kita harus belajar dari awal saat bekerja. Cari koneksi yang banyak. Jangan malas untuk belajar dan berusaha.

 

Bagaimana menurutmu tentang pendapat-pendapat di atas? Ternyata ada banyak supaya kamu bisa cepat mendapatkan pekerjaan, asalkan semua diiringi dengan usaha dan kualitas dirimu!

Dilihat 727 kali
Link