UPKK UIN Antasari

UPT. Pengembangan Kewirausahaan dan Karier
Thursday, 28 Mar 2024

Tips Cepat Lulus Seleksi Kerja Setelah Lulus Kuliah

Berita Umum | 26 Agustus 2019 00:00 wib Sekarang ini mencari pekerjaan sangatlah tidak mudah. Banyak mahasiswa setelah lulus kuliah tidak memiliki pekerjaan, alias pengangguran. Sedangkan, banyak sekali dari mereka ingin cepat-cepat mendapat pekerjaan. Namun sayangnya, banyak pula dari mereka tidak membekali diri dengan pengalaman kerja sebagai bentuk persiapan agar lulus siap kerja Pada kenyataannya. Sebagian besar perusahaan lebih menginginkan karyawan baru yang telah berpengalaman, setidaknya 1 hingga 2 tahun di bidang pekerjaan yang mereka butuhkan. Lalu, bagaimana dengan mahasiswa yang baru saja lulus dan belum memiliki pengalaman kerja sama sekali? Untuk itu, ada beberapa tips melamar kerja bagi kalian yang belum berpengalaman, agar mudah di terima oleh perusahaan:

1.    Temukan bakat kamu sejak awal

Menjalani sesuatu yang disukai dan sesuai dengan keterampilan yang kita miliki akan lebih membuat kamu merasakan kenyamanan dan memiliki semangat untuk melakukan pekerjaan itu. Inilah alasan banyak orang untuk selalu berupaya menemukan bakat mereka. Pastikan kamu menemukan bakatmu sejak awal. Sehingga, kamu lebih mudah mengarahkan minat ke arah mana kamu ingin bekerja. Karena dengan ini juga akan membuatmu lebih mudah untuk berkarya ditempat kerja, semangat dalam bekerja dan ketika kamu sudah mengetahui bakatmu maka akan lebih mudah merencanakan masa depan pekerjaanmu dengan lebih jelas.

 

2. Tentukan bidang pekerjaan yang menjadi target anda sebelum melamar  pekerjaan

Sebelum anda melamar pekerjaan, langkah kedua yang harus anda lakukan adalah persiapan target bidang pekerjaan apa yang anda akan coba dan sesuai dengan bakat anda. Jika anda sudah mendapatkannya maka langkah selanjutnya adalah persiapkan diri anda dengan bekal pengetahuan anda akan bidang pekerjaan tersebut.

 

3.   Siapkan CV se-unik mungkin

Pada tahap melamar pekerjaan, buatlah CV yang unik dan kalau bisa CV tersebut yang sangat mencerminkan diri kamu. Seperti misalnya kamu ingin melamar di bagian desain grafis, kita ketahui bahwa seorang desainer dituntut harus kreatif. Jadi, buatlah CV kamu se-kreatif mungkin agar HRD yakin bahwa kamu pantas untuk dipilih untuk bekerja di perusahaan.

 

4.   Persiapkan diri sebaik mungkin pada sesi wawancara

Banyak di antara kita terlalu menggampangkan sesi wawancara. Padahal, bagian inilah yang paling berpengaruh apakah kamu layak dipilih sebagai pegawai atau tidaknya. Sebelum kamu menghadapi sesi wawancara, alangkah baiknya jika kamu melakukan observasi terhadap perusahaan yang kamu lamar. Sehingga pada saat wawancara setidaknya kamu memiliki pengetahuan lebih terhadap perusahaan tersebut. Dengan begitu, HRD pun akan menilaimu bersungguh-sungguh untuk bekerja di perusahaan tersebut.

 

5.   Hindari tata bahasa yang kurang menyenangkan

Ketika anda di panggil oleh perusahaan untuk mengikuti tes kerja, biasanya sebelum melakukan tes tersebut, anda akan ditanya dalam berbagai soal apapun. Karena setiap pertanyaan yang di berikankan oleh HRD akan menilai diri anda. Untuk itu, hindari tata bahasa yang kurang menyenangkan ketika anda sedang di Tanya. Itu merupakan salah satu poin penting bagi seorang pelamar.

 

6.   Tips keenam Hindari kalimat ini saat wawancara kerja

Saat kalian mencapai tahap wawancara kerja ada beberapa kalimat yang harus kalian hindari seperti: Saya hanya ingin belajar di sini, meminta nilai gaji dan tunjangan yang besar walaupun kalian masih baru, menjawab dengan kalimat terserah, dan tidak pernah menanyakan apapun tentang tempat anda bekerja


Demikian beberapa Tips Melamar Kerja Bagi Anda Yang Belum Berpengalaman, Semoga bermanfaat.

Dilihat 616 kali
Link